Sabtu, 12 Februari 2011

Sub Groups of Super Junior

Salah satu cara SME mendongkrak popularitas setiap personel Suju, dengan memberi kelonggaran dan membebaskan tiap anggota eksis di berbagai acara tanpa formasi utuh Suju. Ada yang menjadi presenter, bermain film, main drama, dan lain-lain. Cara lain, SM membentuk berbagai sub-grup Suju dengan karakter berbeda-beda. Dimulai dengan pembentukan grup Super Junior-K.R.Y, Super Junior T, super Junior-H, hingga Super Junior M yang berbasis bahasa China.
Super Junior - K.R.Y
Proyek sub grup pertama yang dibentuk SME menggunakan format trio bernama K.R.Y. yang merupakan inisial nama tiga personelnya; Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Tiga personel ini dinilai memiliki pesona dan basis penggemar yang cukup kuat, serta kualitas vokalnya yang mantap. Super Junior-K.R.Y dibentuk untuk membidik pendengar usia lebih dewasa dengan mengusung jenis musik-musik ballad. Super Junior-K.R.Y tampil pertama kali membawakan lagu The One I Love dalam acara program musik KBS Music Bank pada 5 November 2006. Mereka juga ikut serta mengisi tiga buah lagu dalam soundtrack serial Hyena, satu lagu untuk Soundtrack Snow Flower dan billy Jean Look at Me. Tapi tak seperti sub grup Super Junior yang lainnya, mereka tak merilis single atau album secara resmi. Hanya berpartisipasi dalam album-album kolaborasi atau original soundtrack.

Super Junior-T
Huruf T di Super Junior T kependekan dari Trot, aliran musik yang diusung grup ini. Di tangan personel Super Junior T yang terdiri dari Lee teuk, Sung Min, Hee Chul, Shindong, Kang In dan Eun Hyuk, musik trot yang terkesan jadul bisa jadi asik untuk remaja. Ciri khas dari grup ini, mengenakan kostum dan rambut berwarna-warni. Super Junior T merilis single pertama mereka, "Rokugo", pada 23 Februari 2007 di acara SBS Popular Songs. Debut Super Junior T ini sekaligus menjadi come back Hee Chul setelah kecelakaan parah yang dialaminya pada Agustus 2006. Akhir 2007, album single ini terjual sebanyak 46 ribu copy dan menjadi album single paling laris tahun itu. Sayang, kiprah Super Junior T harus terhenti ketika Lee Teuk, Shindong, dan Eunhyuk mengalami insiden kecelakaan. Meski sempat kembali aktif dan merilis kembali single "Rokugo" dengan judul "Rock&Go" di Jepang, mereka menyatakan diri vakum di penghujung 2008.

Super Junior Happy


Super Junior Happy dirilis SM Entertainment pada Mei 2008. Penampilan perdana mereka dilakukan di acara Power Concert pada tanggal 3 Mei 2008. Para fans sempat kaget, karena Suju kembali dengan tampialn berbeda, mengusung musik dan gaya busana lebih ceria. Gaya musik Super Junior Happy perpaduan musik dance kontemporer dengan musik bubblegum pop. Single perdana mereka, "Cooking?Cooking!" dirilis resmi pada 5 Juni 2008. Dua hari setelahnya, mereka tampil di Dream Concert 2008, dan menjadi kejutan tersendiri untuk para ELF. Begitu pula saat single kedua, "Pajama Party", menyusul dirilis 3 Agustus 2008. 10 ribu copy CD terjual di minggu pertama setelah rilis. Asosiasi industri musik korea mencatat album single mereka terjual sebanyak 27.122 copy pada akhir Agustus di tahun yang sama.

Super Junior M

Penambahan inisial M di belakang nama grup ini mengacu pada bahasa mandarin, yang menjadi bahasa utama di semua lagu Super Junior M. Grup ini memang dibentuk SM Entertainment sebagai sub grup Super Junior yang berbasis di China. Selain Hankyung, Choi Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, SME menambah dua personel asli China; Henry Lau dan Zhou Mi. Baru lima hari diluncurkan, sudah tercatat 14 juta orang membuka video klip perdana mereka,"U", di internet. Album perdana mereka, Me, mendapat review bagus di China, Hongkong, dan Taiwan. Sebulan setelah debut, Super Junior M memenangkan penghargaan pertama mereka sebagai grup terpopuler di Asia di Music King Awards ke-5 di Makau. Di luar musik, imej Super Junior M yang muda, bersemangat, ceria, Zhou Mi yang bersuara bagus plus Henry yang jago main biola mulai menarik perhatian para ELF. Tahun 2009, album mini kedua, Super Girl, dirilis. Di album ini, lagu single "Super Girl" dan "blue Tomorrow" juga dibuat dalam bahasa korea. Ini tentu makin menambah kecintaan ELF korea dan Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar